Review Datsun Go

Review Datsun Go

Sebagai salah satu mobil dengan kategori LCGC, line up Datsun Go juga menawarkan kelebihan yang serupa pada diri Datsun Go Hatchback. Seperti harga murah, dan di saat yang bersamaan ramah lingkungan.
 
Exterior
Mengambil basis yang sama dengan Datsun Go Panca 7 seater, Datsun Go hatchback mengonsep mobil yang satu ini menjadi sedikit dimampatkan. Selain itu mobil ini juga memiliki desain aerodinamika yang baik dengan adanya spoiler yang cantik.
Model gril bee-hives/honeycomb yang konsisten juga jadi ciri khas tersendiri line up Datsun Go bersaudara. Salah satu yang paling impresif pada Datsun Go versi hatchback ini adalah pada bagian belakang mobil yang seksi.
Bagi beberapa orang, lekuk tubuhnya sedikit ada kemiripan dengan bagian belakang mobil Toyota Yaris angkatan tahun 2006, meskipun tidak identik sama. Bedanya, lampu rem dari Datsun Go hatchback lebih melebar ke samping.
Salah satu yang menjadi perbedaan khusus eksterior milik Datsun Go Panca dan Datsun Go hatchback adalah bahwa pada versi hatchbacknya, mobil ini menggunakan body kit. Satu item yang tidak ada pada Datsun Go Panca Plus.
Salah satu versi termurah Datsun Go hatchback juga masih menggunakan velg kaleng. Sementara di versi yang lebih tinggi, telah menggunakan velg alloy. Tapi semua mobil Datsun Go telah dilengkapi dengan proteksi dari 'Solar Gard' di kaca mobilnya.

Interior
Dominasi warna coklat gelap menyelimuti hampir seluruh kabin. Hanya saja, pada beberapa bagian dashboard, berkesan two-tone dengan warna yang lebih gelap. Kemudi mobil ini juga tidak norak, karena desainnya yang simple elegan.

Pada jok yang berkapasitas sampai 5 orang ini dilengkapi pattern warna yang selaras dengan warna kabin. Yang patut diapresiasi adalah, ergonomi jok baik dari jok penumpang maupun pengemudi memberikan kesan yang nyaman bagi punggung.
Legroom dan headroom dari kedua bagian kabin sayangnya menjadi sedikit kendala. Di bagian kemudi, apabila tidak terlalu terbiasa dengan space default yang ada pada Datsun Go hatchback, maka akan mudah terasa lelah. Pun juga dengan headroom yang kurang ideal untuk penumpang dengan tinggi lebih dari 170 cm.


Dimensi
Mobil ini memiliki ukuran panjang yang otomatis lebih pendek daripada Datsun Go Panca 7-seater. Mobil ini memiliki dimensi p x l x t sepanjang 3.785 x 1.635 x 1.485 pada skala milimeter.
Jarak sumbu roda mobil ini mencapai 2.450 mm. Dan jarak terendah dengan tanah adalah 170 mm. Dengan ukuran inilah yang juga menjadi andalan Datsun Go versi hatchback dan membuatnya terlihat 'sporty' karena berukuran kecil dan memberikan kesan lincah.


Mesin

Mesin bensin yang jadi jantung pacu pada mobil ini memberikan jaminan predikat LCGC akan dibuktikan. Dengan displacement mesin sebesar 1,2 Liter 3-silinder, mobil ini memiliki kemampuan menghempaskan tenaga sampai dengan 68 hp. Mobil ini dilengkapi dengan transmisi manual 5-percepatan.
Torsi maksimal dari Datsun Go hatchback adalah sebesar 105 Nm. Dengan keberadaan mesin sedemikian, diklaim mobil Datsun Go hatchback mampu melaju maksimal sampai dengan 150 km/jam.

Fitur
Salah satu keunggulan Datsun Go hatchback dibanding dengan rival-rivalnya adalah mobil ini memiliki fitur yang tidak dipunyai oleh mobil sekelas dengan harga yang sama. Beberapa yang disematkan oleh datsun pada hatchback andalannya ini adalah keberadaan power steering yang telah dipersenjatakan pada semua mobil Datsun Go.
Di beberapa model termurah Datsun Go memang tidak disertakan Air Conditioning, tapi selain model standart pada Datsun Go hatchback semuanya telah diperlengkapi dengan AC.
Sayangnya pada setiap mobil ini, hanya di bagian kemudi saja yang diperlengkap dengan power-operated windows. Yang artinya, jendela penumpang harus dibuka-tutup dengan 'mengengkol'. Penggunaan tachometer digital sendiri tidak lupa dimasukkan pada line up Datsun Go hatchback.

Harga
Sebagai mobil yang berstatus LCGC, Datsun Go memberikan harga yang tentu saja menggoda secara finansial, apalagi bagi masyarakat kelas menengah yang menginginkan mobil hemat murah yang bisa diandalkan.
6 Sisi Menggiurkan Datsun Go Hatchback
Datsun Go hatchback memiliki beberapa opsi. Datsun Go T Standart, Datsun Go T Option dan Datsun Go T Active. Daftar harga untuk on the road regional Jawa Timur adalah berikut

  • Datsun Go T Standart Rp 101,3 juta
  • Datsun Go T Option Rp 101,8 juta
  • Datsun Go T Active Rp 106,5 juta

Sumber dari http://www.otosia.com/review/6-sisi-menggiurkan-datsun-go-hatchback.html