Berikut ini 15 Bagian Mobil Perlu Dibersihkan Pasca Terendam Banjir, artikel ini diringkas dari otosiana.com.
Ada beberapa tahap dan bagian penting dalam memperbaiki dan membersihkan mobil pasca banjir hingga terendam lumpur. Berikut 15 bagian mobil yang perlu diperhatikan saat dan usai perbaikan serta pembersihan pasca banjir:
Body
Pertama adalah bagian eksterior atau body. Jika hanya terendam banjir
maupun lumpur bagian ini akan mudah untuk dibersihkan. Tapi apabila
mobil sudah terendam banjir dan terbawa arus tentu akan ada beberapa
kerusakan.
Body penyok, kaca jendela pecah bahkan hingga sistem kaki-kaki mobil
rusak. Jika hal ini terjadi perbaikan akan memerlukan waktu sekitar 1
minggu atau lebih, tergantung dari kerusakan.
Lampu
Selanjutnya yang harus dicek dan dibersihkan adalah lampu-lampu utama
mobil. Setelah terendam banjir biasanya headlamp, lampu rem akan ikut
terisi air bahkan lumpur. Setelah itu juga periksa sistem kelistrikan
lampu.
Rem
Sistem rem juga harus dicek, apalagi pada mobil yang masih menggunakan
sistem rem tromol. Karena dapat dipastikan endapan lumpur dan kotoran
akan semakin banyak.
Suspensi
Suspensi mobil biasa sudah memiliki karet penutup atau pelindung debu.
Tapi saat terendam banjir apalagi berlumpur tentu bagian ini akan
menjadi kotor dan akan membuat kinerja suspensi tidak maksimal.
Ruang Mesin
Bagian yang sedikit agak susah untuk melakukan proses pembersihan pasca
banjir adalah ruang mesin. Ada banyak celah di antara ruang mesin ini,
dan tidak semuanya yang bisa dengan mudah disemprot dengan air. Bahkan
di bengkel akan melakukan beberapa pembongkaran.
Filter Udara
Pasca terendam banjir bahkan lumpur filter udara harus diganti baru
jangan hanya sekedar dibersihkan saja. Mungkin ada beberapa bengkel atau
pemilik mobil ingin cara murah, filter udara hanya sekedar dibersihkan
dan dikeringkan saja.
Saluran Intake
Jika filter udara basah tentu yang selanjutnya harus dibongkar adalah
intake (saluran masuk). Cukup bongkar, cuci dan keringkan saja. Tapi
termasuk port mengarah ke ruang bakar serta klepnya.
Saluran Pembuangan
Saluran pembuangan atau sistem knalpot juga harus dibongkar total.
Proses pembersihan juga terbilang agak sulit apalagi lumpur masuk ke
dalam katalisator knalpot. Proses kerja hingga pengeringan bisa memakan
paling tidak 1 harian
Radiator
Proses pembersihan selanjutnya adalah pada radiator beserta kipas
pendingin. Untuk kipas pendingin sebaiknya dilepas dan dibersihkan
terpisah. Sedang untuk radiatornya bisa disemprot dengan air hingga
bersih.
Box ECU dan Sekering
Bagian penting yang harus segera dibersihkan dan di cek adalah kotak
sikring serta ECU mobil. Rata-rata kotak ini juga berada di ruang mesin
tapi ada beberapa mobil yang menempatkan di dalam dashboard.
Jika masih bisa dibersihkan dan dipergunakan tentu Anda beruntung.
Jika ECU rusak makan biaya ECU baru bisa mencapai puluhan juta
tergantung tipe dan jenis mobilnya.
Altenator dan Dinamo
Bagian yang juga harus segera mendapat perhatian penting adalah
altenator serta dinamo mobil. Proses pembersihan bagian ini juga cukup
sulit dan tak jarang bengkel akan menyarankan untuk mengganti jika
dirasa terlalu parah dan sulit untuk dibersihkan.
Pintu
Jika bagian jantung pacu sudah aman dan bersih, selanjutnya bagian
paling sulit untuk dibersihkan. Interior mobil yang terendam banjir
bahkan lumpur akan memerlukan waktu lama untuk membersihkan dan
memperbaikinya.
Yang pertama dibersihkan dan dibongkar adalah panel-panel pada pintu
serta membersihkan karet-karet pelindung. Amankan panel dan komponen
listrik seperti motor power window dan bersihkan tersendiri, mengingat
bagian ini memang bermusuhan dengan air.
Bagasi dan Laci
Kemudian bagasi dan setiap laci penyimpanan dalam mobil juga harus
dibongkar dan dibersihkan. Bagian ini yang salah satu paling mudah untuk
membersihkan. Tapi harus diperhatikan surat-surat penting kendaraan
yang biasa orang simpan dalam laci mobil.
Jog
Baik jog dari bahan kulit maupun kain harus tetap dibongkar total. Sebab
spon pada jog tentu akan menyerap air dan bisa menimbulkan jamur dan
bau jika dibiarkan. Sebelum membongkar juga perhatikan sistem
kelistrikan jok dengan sistem elektrik.
Dashbor
Proses paling susah pada interior adalah pembersihan komponen dan
panel yang berada di dashboard. Bengkel harus secara keseluruhan
membongkar bagian ini. Audio dan sistem saluran AC juga harus
dibersihkan. Mobil yang terendam banjir plus lumpur bisa jadi audio
susah untuk dibersihkan.
Sistem AC harus dibersihkan jika perlu filter AC diganti. Proses
tersulit dan perlu hati-hati adalah saat membongkar bagian yang memiliki
sistem airbag. Proses ini sebaiknya diserahkan pada teknisi khusus agar
sistem keselamatan mobil bisa kembali normal.
sumber dan gambar otosiana.com
Bagian - Bagian Mobil Perlu Dibersihkan Pasca Terendam Banjir