Cara menghilangkan Embun di Lampu Toyota Avanza

Cara menghilangkan Embun di Lampu Toyota Avanza

Sebagai mobil setengah juta umat, Toyota Avanza tergolong bandel dan minim perawatan. Uniknya, ada satu surat masuk ke redaksi dari Welly Yanto di Sidoarjo, Jatim. "Pertanyaan saya adalah kenapa lampu utama mobil ini selalu saja berembun baik ketika hujan atau mobil dicuci," begitu kira-kira tulis Welly dalam surat elektroniknya.

Padahal menurutnya, Avanza itu baru berusia tiga bulan, sementara Avanza lawasnya tidak pernah mengalami hal serupa. Klaim ke bengkel resmi dan sudah diganti baru pun, menurutnya tetap tidak menyelesaikan masalah. Kira-kira apa yang bisa membuat embun di lampu utama ya? Kita telusuri, yuk!


Bocor

Adanya embun di dalam lampu utama mobil jelas menandakan ada yang bocor. Bocor sedikit saja, bisa bikin molekul air menyusup masuk ke dalam ruang lampu. Menurut Udin, mekanik Pimas Motor, spesialis lampu di Pasar Mobil Kemayoran Blok S no.127, Jakpus, kalau sudah mengembun sebaiknya dilakukan servis lampu untuk mengatasinya (Gbr.1). 


Dari mana air menyusup? Ada beberapa lokasi yang bisa menjadi lokasi penyusupan. Batok lampu sendiri terbelah dua, terbagi menjadi mika dan reflektor. Nah, sambungan antara keduanya itu hanya dengan klip yang juga diberi sealer pada permukaan sambungan. Kondisi sealer kurang padat atau permukaan renggang bisa jadi sumber bocor.

"Misalnya saat hujan atau mencuci mobil. Apalagi kalau cuci pakai air bertekanan tinggi, bisa saja air menyusup masuk," bilang Udin.

Kalau dibiarkan, selain efek estetika alias tak sedap dipandang mata, juga bisa bikin efek buruk buat reflektor (Gbr.2). "Reflektor nanti bisa mengelupas kalau lembab," papar mantan mekanik bengkel resmi Honda ini.

Nah, servis lampu yang biasa dibanderol Rp 250 ribuan buat sepasang lampu depan ini meliputi bongkar pasang lampu dan dibersihkan termasuk menambah sealer baru di sambungan batok.

Setelah itu, juga memeriksa kemungkinan bocor lain. Seperti pada saat pemasangan lampu utama (Gbr.3), pastikan karet penutup belakangnya tertutup rapat.

Ada dua lubang lagi yang rentan jadi lokasi bocor. Yaitu lubang lampu sein (Gbr.4), periksa karet pada fitting lampu. Selain itu juga ada lubang hawa (Gbr.5) yang kalau terbuka atau bocor bisa bikin uap air menyusup. (mobil.otomotifnet.com)