Lebih Cermat Melihat Part XeniAvanza Versi KW dan Orisinal

Lebih Cermat Melihat Part XeniAvanza Versi KW dan Orisinal

Apakah Anda termasuk orang yang selalu membeli komponen Xeniavanza orisinal? Pastinya, Anda harus siapkan anggaran yang tidak sedikit. Terlebih lagi kalau komponen itu didapat di bengkel resmi Xeniavanza, pastinya harga lebih mahal ketimbang di aftermarket.

Namun, tak ada salahnya, Anda juga melirik spare part orisinal dengan kualitas yang “sedikit” di bawah versi orisinal. Nah, biasanya masyarakat biasa menyebutnya dengan spare parts. Pastinya harga komponen KW juga lebih murah daripada versi orisinal.

Meski begitu, Anda harus berhati-hati lantaran banyak pedagang spare part yang nakal memberikan spare part KW2. Spare part KW itu ada KW1 dan KW2. “Komponen jenis kedua, biasanya dibeli untuk kendaraan yang mau dijual, karena usia pakainya tidak tahan lama,” ujar Awid dari Alpha Jaya Motor (AJM), gerai komponen yang berlokasi di Bintaro Trade Center (BTC). Jadi pastikan Anda tidak tertipu.

Sebagai contoh adalah spare part Toyota Avanza 1.5 S. Perbandingan harga antara bengkel resmi Auto2000 dan aftermarket untuk filter oli orisinal harganya Rp 60 ribu. Sedangkan KW1 Sakura dijual hanya Rp 25 ribu. Kemudian filter udara orisinal harganya Rp 130 ribu, sedangkan KW1 Sakura hanya Rp 60 ribu.

Lalu tierod orisinal harganya Rp 260 untuk tiap unit, sementara versi KW1 555 yang merupakan buatan Jepang hanya Rp 240 ribu sepasang. Ilustrasi berikutnya, long tierod orisinal harganya Rp 520 ribu perbuah. Se­dangkan yang KW1 555 buatan Jepang harganya Rp 300 ribu.

sumber otomotifnet.com