Cara Menghilangkan Bau AC Mobil

Cara Menghilangkan Bau AC Mobil

Pernahkah kamu mencium bau asem pada saat menyalakan AC mobil. Namun ngak beberapa lama bau asem itu akan hilang sendirinya. Pada esok harinya bau asem itu akan muncul lagi dan akan hilang setelah beberapa lama AC dinyalakan.

Bau asem itu berasal dari bakteri yang mengendap di dalam evaporator. Bisa juga berasal dari farfum murahan yang biasa di letakan di dekat blower sehingga aroma farfum itu lengket di evaporator. Lama kelamaan aroma yang telah mengendap itu akan membusuk sehingga akan mengeluarkan aroma asem atau seperti bau pesing (kencing.red)

Bisa juga karena karpet yang sudah sangat berdebu sehingga debu itu akan tersedot oleh blower sehingga evaporator akan berdebu dan menjadi lembab. Akibatnya evaporator yang terbuat dari aluminium akan berkarat dan mengakibatkan kebocoran.

Cara yang paling aman adalah sering seringlah membersihkan karpet minimal seminggu sekali, selain itu hindarilah meletakan farfum didekat blower, lebih aman jika meletakan didekat kisi – kisi AC..

Minimal 6 bulan sekali singgahlah ke bengkel AC guna membersihkan evaporator yang kotor itu. Niscaya bau asem akan sirna selamanya. 

Ada beberapa teman menyarankan dengan memberi bubuk kopi dan menjemur mobil dalam keadaan kaca atau pintu mobil terbuka..
Diringkas dari berbagai sumber
Cara Menghilangkan Bau AC Mobil